Home / Arkeologi / Kota sebagai Kawasan Cagar Budaya ; Studi Kota Padang

Kota sebagai Kawasan Cagar Budaya ; Studi Kota Padang

Artikel merupakan tugas dalam perkuliahan Teori Arkeologi Pascasarjana Arkeologi UGM, 2012 
Dosen Pengampu:
Prof., Dr. Timbul Haryono
Drs., Tjahyono Prasodjo, M.A.

Kota sebagai wilayah yang terdapat diatas permukaan bumi, yang memiliki subfungsi berupa proses-proses. Proses tersebut saling berkaitan, seperti proses ekonomi, proses budaya, dan proses aktivitas, yang teraplikasi dalam kehidupan manusia dalam bentuk satu kesatuan sosial yang terikat pada batas administratif tertentu (Noranda, 2009 hlm 3-4).

Proses ekonomi adalah perubahan bentuk yang secara sisitmatis memperlihatkan perpindahan barang dan jasa pada sebuah kota, baik dari produsen ke konsumen, atau produsen ke distributor, maupun dari distributor ke konsumen. Perpindahan tersebut membutuhkan bentuk energi yang disebut sebagai modal/biaya/energi, sehingga perpindahan tersebut sesuai dengan yang diharapkan subjeknya dalam hal ini keuntungan ekonomi.

Sebagai contoh misalnya proses ekonomi yang terjadi di pasar, pada hal ini ambil saja pasar impres Kota Padang atau disebut juga Pasar Raya Padang. Dahulu, sejarah menyebutkan nama pasar ini adalah Pasar Djawa, Pasar Djawa ini dibuat oleh pemerintah hindia belanda dengan tujuan memecah monopoli Pasar China/Kongtsie yang ada pada kasawan muara padang dan dapat ditemukan hingga sekarang.

Monopoli yang dilakukan oleh pasar kongtsie tersebut adalah berupa pengelolaan sumber stock distributor yang datang dari pedalaman minangkabau dan dari luar wilayah minangkabau, posisi pasar yang dekat dengan pelabuhan muara yang pada saat itu adalah pelabuhan satu-satunya membuat biaya yang dikeluarkan untuk perpindahan menjadi sedikit sehingga markup harga tidak terjadi secara besar, hal itu membuat pemerintah hindia belanda rugi dalam penarikan pabean/pajak.

Sehingga untuk mengakali itu pemerintah hindia belanda membuat satu buah pasar lagi yang dekat dengan pemukiman masyarakat jawa, yang secara geografis memotong jalur perpindahan hasil bumi dari pedalaman minangkabau ke daerah muara. Lokasinya sangat strategis berada pada jalur tengah wilayah kota padang.

Ketika monopoli terjadi maka hanya ada satu pihak yang diuntungkan. Sikap pemerintah hindia belanda yang memecah monopoli china dengan membuat pasar baru adalah untuk mendatangkan keuntungan yang lebih bagi pemerintah itu sendiri, dengan adanya titik transaksi ekonomi yang lain maka mereka akan mendapatkan surplus ekonomi dalam bentuk pungutan pajak yang dihasilkan oleh pasar tersebut.

Selain itu juga akan mendatangkan keuntungan bagi pihak lain yaitu distributor dan konsumen. Bagi distributor akan terjadi peningkatan kebutuhan stock yang mesti dipenuhi sehingga jumlah pasar meningkat, bagi konsumen yang biasanya membutuhkan biaya tambahan untuk mengakses pasar, tidak perlu melakukannya lagi karena sudah ada pasar yang lebih dekat dan akan mengurangi biaya saving.

Bagi para produsen ini akan jadi menguntungkan juga karena luasnya titik pasar menuntut mereka untuk dapat memproduksi lebih banyak, dan tentu dengan peningkatan produksi akan membutuhkan penambahan modal dan juga akan mendapatkan keuntungan yang besar juga.

Proses ini adalah bentuk proses ekonomi yang terjadi pada kota padang, dengan tolok ukur pasar sebagai titik transaksi ekonomi. Dapat dilihat pada proses memecah monopoli ini berdampak terjadi peningkatan ekonomi Kota Padang yang mendatangkan keuntungan kepada pihak-pihak yang sebagai subjek pelaku, pemerintah, produsen, distributor dan konsumen itu sendiri.

Artikel Penuh

Download

About minangheritage

Minangkabau Heritage adalah sebuah gerakan konservasi Warisan Budaya Minangkabau yang berangkat dari kesadaran akan perlunya portal open data dengan sumber terbuka yang bertemakan Kebudayaan Minangkabau. Proyek ini diselenggarakan secara gotong royong baik dari sisi teknis, penyuntingan naskah dan pelbagai kegiatan lainnya. Saat ini ada 3 Sub Tema besar yang sedang dikerjakan yaitu : Sejarah Minangkabau, Budaya Minangkabau, Warisan Minangkabau. Ingin berpartisipasi ? Silahkan kirim file, naskah, dokumen anda melalui menu yang tersedia atau kiri email beserta lampiranya ke [email protected]

Check Also

Pauh: Nagari Angin

Tidak banyak informasi mengenai Pauh yang saat sekarang merupakan bagian wilayah kecamatan dari kota Padang. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *