Home / Literatur / Menerka Tarikh Sejarah dari Harimau Champa

Menerka Tarikh Sejarah dari Harimau Champa

Harimau Campa Dalam Tambo

Harimau Campa adalah nama seorang tokoh yang disebut-sebut di dalam Tambo Alam Minangkabau. Bersama-sama Kucing Siam, Kambing Hutan dan Anjing Mualim, mereka berempat adalah para pengiring Ninik Sri Maharaja Diraja dan rombongan. Mereka semua adalah para pendekar yang di kemudian hari menjadi orang-orang pertama pendiri cikal bakal Silek Minang. Mereka juga dipercaya sebagai leluhur orang-orang di Luhak Nan Tigo.

Harimau Campa menjadi leluhur orang Luhak Agam, Kucing Siam menjadi leluhur orang Canduang Lasi Tuo, Kambing Hutan menjadi leluhur orang luhak Limopuluah sedangkan Anjing Mualim berkelana di sepanjang Bukit Barisan. Luhak Tanah Datar sendiri dipenuhi oleh anak keturunan Ninik Sri Maharaja Diraja. Setidaknya begitulah menurut Tambo Alam Minangkabau. Soal keturunan ini kemudian diabadikan dalam warna bendera Luhak Nan Tigo yang kemudian kita kenal sebagai marawa.

Kalau kita perhatikan nama-nama tokoh diatas, ada hal menarik yang tersirat darinya, khususnya Harimau Campa. Bernama Harimau Campa, tentulah berasal dari Negeri Champa. Logikanya tentu negeri ini telah ada dan masyhur sebelum nenek moyang orang Minangkabau mendarat di Sumatera.

Sekilas Negeri Champa

Dari catatan sejarah Cina, Kerajaan Champa berdiri pada tahun 192 M yang pada masa itu disebut Lin Yi. Pada tahun 543 Champa menyerang Dai Viet (Bangsa Vietnam) di Utara, namun gagal. Kerajaan Champa mencapai puncak kegemilangannya pada abad ketujuh hingga abad kesepuluh Masehi, untuk kemudian menurun karena perpecahan dalam negeri dan serangan-serangan yang agresif dari Bangsa Khmer, Bangsa Vietnam dan Bangsa Cina.

Jika saja Harimau Campa dalam tambo ini hidup pada masa awal kejayaan Kerajaan Champa tentulah kita bisa berasumsi bahwa kedatangan nenek moyang orang Minangkabau haruslah setelah tahun 192 M, atau diperkirakan sekitar tahun 400-500 M.

Kucing Siam Dalam Tambo

Namun ada hal yang mengganggu jika logika yang sama diterapkan pada tokoh Kucing Siam yang berasal dari Siam. Istilah Siam sendiri baru populer setelah berdirinya Kerajaan Sukhothai (1238 M) dan Kerajaan Ayutthaya (1351 M) sebagai cikal bakal Kerajaan Siam. Episode sejarah ini tentu paralel dengan periode Dharmasraya dan Malayapura di Sumatera. Pada saat ini tentu Champa sudah mulai menurun pengaruhnya walaupun masih bisa disebut jaya, karena pada tahun 1471 M, Bangsa Vietnam memulai invasinya terhadap Champa. Jadi kalau ditarik sebuah kompromi maka tahun kedatangan nenek moyang orang Minangkabau haruslah setelah 1238 M. Kecuali kita menemukan data bahwa istilah Siam sudah populer pada abad ketujuh Masehi, pada saat awal kejayaan Kerajaan Champa.

Tafsiran Lain Mengenai Harimau Campa

Akan tetapi sesuai hakikat Tambo, bahwa tujuan penulisannya adalah untuk menyatukan pandangan orang Minangkabau mengenai sejarah dan asal-usul mereka, maka bisa saja pengarang Tambo memasukkan nama kedua tokoh ini (dan tokoh-tokoh lain) untuk mewakili kelompok-kelompok masyarakat yang membentuk Minangkabau yang terdiri dari bermacam-macam daerah asal. Dari Hikayat Suku Jambak kita juga menemukan cerita ini, dimana Suku Jambak mengaku sebagai suku yang datang kemudian, seketurunan dengan Suku Sikumbang. Dan Tambo sendiri juga secara terang menceritakan bahwa setelah periode Ninik Sri Maharaja Diraja, Minangkabau masih kedatangan tokoh-tokoh baru (beserta rombongannya) seperti Anggang Dari Laut (Rusa Emas) dan Sri Paduka Berhala (beserta Bangsa Hindustan dan Bangsa Sekawak).

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Champa

http://www.viettouch.com/champa/champa_history.html

http://www.phnompenhpost.com/index.php/Special-Reports/the-long-tragedy-of-cham-history.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Cham_people_(Asia)

http://mforum.cari.com.my/archiver/?tid-254917.html

http://wanderlustandlipstick.com/blogs/dimsumdiary/2009/04/28/my-son-and-vietnams-war-tourism/

http://en.wikipedia.org/wiki/M%E1%BB%B9_S%C6%A1n

http://blog.travelpod.com/travel-photo/jesstellstales/1/1262734976/tiger-and-elephant-fighting-arena.jpg/tpod.html

About minangheritage

Minangkabau Heritage adalah sebuah gerakan konservasi Warisan Budaya Minangkabau yang berangkat dari kesadaran akan perlunya portal open data dengan sumber terbuka yang bertemakan Kebudayaan Minangkabau. Proyek ini diselenggarakan secara gotong royong baik dari sisi teknis, penyuntingan naskah dan pelbagai kegiatan lainnya. Saat ini ada 3 Sub Tema besar yang sedang dikerjakan yaitu : Sejarah Minangkabau, Budaya Minangkabau, Warisan Minangkabau. Ingin berpartisipasi ? Silahkan kirim file, naskah, dokumen anda melalui menu yang tersedia atau kiri email beserta lampiranya ke [email protected]

Check Also

Pauh: Nagari Angin

Tidak banyak informasi mengenai Pauh yang saat sekarang merupakan bagian wilayah kecamatan dari kota Padang. …

7 comments

  1. terimakasih banyak…… walau masih samar setidknya saya mengetahui sedikit demi sedikit sejarah RANAH BUNDO TACINTO…

  2. saya ada buat sedikit kajian,bangsa Siam yg asli ialah suku mon.Kerajaannya terletak di Lavo(Nakhon Pathom) dkt dgn Bangkok skrg.Bangsa ini mungkin berhijrah ke tempat lain sekitar tahun 1200 apabila org Thai(dari ethnik Dai Yunan) menakluk Lavo

  3. Berkenaan asal kambing hutan,Cateri Bilang Pandai dan Maharaja Diraja kemungkinan dari Cambay.Sebagaimana tertulis dlm Tambo Alam Minang 16 org lelaki perempuan berkasta cateri(Kesatria).Cateri bilang Pandai pun berkasta Kesatria.

    Suku Kambojas yg asal dari Afghanistan/Turkistan berkasta Satria dan pernah menjadi tentera Cyrus 2(diperkirakan Zulkarnain dlm Al-Quran)

    Satu Kerajaan bernama Kamboja Pala pernah wujud sekitar abad ke 11 masihi.Empayar kerajaan ini meliputi Afghanistan,cambay(Gujerat) dan Bengal.

    Abang Maharaja Diraja,Maharaja Alif dikatakan berkuasa di Rom.Rom ini diperkirakan ialah Afghanistan,Turkistan skrg kerana ia pernah menjadi empayar Alexander the Great.

    Seorang lagi Abangnya bernama Maharaja Dwipantara(Dipang) mungkin berkuasa di Timur,rasanya bukan di Jepun tetapi namanya seakan-akan negara Jepun.

    Suku Kamboja gemar menamakan tempat yg mereka sampai sebagaimana/seakan-akan nama tempat asal mereka iaitu Kamboja yg terletak di Utara India.Mungkin juga perkataan Noorindie berasal dari perkataan North India.

    Cambay,Kambing,paya Kumbuah nama seakan-akan.

    Orang Negeri Sembilan Malaysia juga menamakan tempat di Malaysia sebagaimana nama tempat di Minang.

    saya ada melihat peta penghijrahan suku Kamboja India termasuk ke Langkasuka(Malaysia) dan Funan(Kemboja).

    Dikatakan raja asal Funan bernama Kambu yg datang dari Aryadesa(India).Juga ada tersebut dlm sejarah Chiangmai dlm tulisan Pali mengatakan raja Sujita dari Kerajaan Ligor(Malaya) yg berdarah Kamboja menguasai Lavo(Nakhon Pathom).Kemudian keturunan raja ini menjadi raja Angkor,Kemboja(Suryawarman).

    Empayar Kerajaan Langkasuka meliputi Pattani dekat Kelantan.Mengikut kajian genetik(sila taip Genetik Minang pada google) org Kelantan mempunyai genetik org India Marathi dari gujerat(Cambay)

  4. Terima kasih kpd pengendali laman web ini krn banyak maklumat yg saya dapat berkenaan Urang Minang di sini dan saya ada masukkan artikel-artikel web ini ke dlm facebook saya.Terima kasih.

    Sila lihat facebook saya Mohd Yazman Mohd Yusof

    ada kajian genetik org Minang,Melayu dll

  5. mohon dikoreksi kembali, kerajaan champa tahun 1800-an masehi masih berdiri

  6. Menyimak sejarah yg penulis uraikan diatas,mengenai khal ikhwal suku Mong campa atau lebih akrab pada bahasa bibir se hari2 dg sebutan suku Se jambak(Campa),,seperti nya ada hubungan erat dg keberada,an nama salah satu Mpu,yg diyakini sebagai cikal bakal dari sebagian keturunan masyarakat Lampung,khusus nya yg ada di wilayah Lampung barat, Dari cerita orang2 tua,,mengatakan kalau,nenek moyang/mrka/bernama Mpu Sejambak..yg juga menurunkan raja2 pemimpin kesukuan,mirip dg nama pemimpin suku Mong,,yaitu Tuan Raja Mwong(maong)atau Harimau.,juga dg lambang Harimau..berarti ada mata rantai sejarah yg bersambung,,antara nama ketua suku Mong pemula yg di Tanah Agam,dg Mong yg ada di tanah Lampung,tepat nya di negri Kuala Shaka atau Kuala beghak,yg sekarang dikenal dg nama Danau Ranau..

  7. Saudara kena beza antara thai dan siam.. Kerajaan saudara sebutkan tu kerajaan thai.. Tapi akhirnya digelarkan kerajaan siam. Siam sudah wujud sebelum masihi lg.. Maksud [email protected] saiyam ialah orang2 @ bangsa berkulit sawo matang. Dan siam tu termasuklah bangsa malai/melayu, lao, mon, nagas dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *